Wisata alam yang eksotis Pulau Bawean di Gresik

Pulau Bawean merupakan pulau kecil yang terletak di pulau Jawa Kabupaten Gresik yang termasuk salah satu pulau terindah di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Keindahan pulau Bawean Gresik
Keindahan lautnya dan keindahan alamnya tidak kalah dari tempat-tempat wisata di Bali maupun Lombok. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat liburan bertema alam seperti laut, pantai, air terjun dll.

Tentang Pulau Bawean

Asal mula Nama Bawean sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti adanya sinar matahari. Cerita dari penamaan tersebut berawal pada tahun 1350 saat pelaut Kerajaan Majapahit terjebak badai Laut Jawa dan selamat berkat terdampar di pulau ini saat matahari terbit.

Pulau Bawean Gresik ini memiliki luas 196.97 km persegi, pulau ini memiliki sejarah yang panjang dan pesona yang menarik. Pada tahun 1743 Pasukan VOC menguasai pulau bawean ini. Pada akhirnya Pulau Bawean kembali berjaya.

Terdapat dua kecamatan yang ada di pulau Bawean ini, yaitu Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura. Penduduknya berjumlah sekitar 107.000 jiwa dengan mayoritas suku Bawean serta perpaduan beberapa suku dari Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra yang turut mempengaruhi budaya dan bahasanya.

Pekerjaan penduduk di pulau Bawean ini menjadi seorang nelayan dan petani namun sebagian ada yang menjadi pekerja rantauan di Malaysia dan Singapura.

Bahkan penduduknya ada yang menetap di Australia dan Vietnam. Untuk bahasa yang digunakan di pulau ini adalah bahasa Bawean yang mirip dengan bahasa Madura.

Harga Tiket Pulau Bawean

Tiket Masuk Pulau Bawean ini Gratis, tapi membutuhkan transportasi untuk bisa sampai ke sana. Berikut beberapa tiket transportasi jika ingin berlibur di pulau yang eksotis ini.

Tiket Masuk Wisata Mangrove Rp5.000,00

Penyeberangan Kapal Bahari Express Rp170.000,00 – Rp220.000,00

Penyeberangan Kapal Gili Iyang Anak Rp61.000,00

Penyeberangan Kapal Gili Iyang Dewasa Rp80.000,00

Penyeberangan Kapal Gili Iyang Dewasa + Motor Rp83.500,00

Penyeberangan Natuna Express Rp146.000,00 – Rp162.500,00

Susi Air Surabaya Bawean Rp455.750,00

Susi Air Sumenep Bawean Rp403.610,00

Lokasi Pulau Bawean

Pulau ini terletak di pesisir utara Gresik, dengan bentangan jarak sekitar 120 km. Sedangkan dari Surabaya berjarak sekitar150km lebih. Walaupun terbentang jauh tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan mudah.

Akomodasi perjalanan yg bisa kita pilih salah satunya melalui pelabuhan penyeberangan kapal dari Gresik dengan menggunakan Kapal Ferry. Dengan kurun waktu tempuh 4 sampai 9 jam kapal sekitar tergantung cuaca dan jenis yang di pakai.

Opsi kedua kita dapat menggunakan pesawat dari Susi Air yaitu lewat jalur udara, namun kita berangkat dari Surabaya Bawean & Sumenep Bawean. Biasanya Anda akan lebih mudah memesan tiket penyeberangan dengan memanfaatkan rental mobil murah terdekat yang juga menyediakan layanan tersebut.

Kegiatan Pulau bawean

Pulau ini tidak pernah tutup, dan selalu buka 24 jam, namun Kendalanya ada pada transportasinya. Kapal penyeberangan ke pulau bawean sebagian besar beroperasi pada pukul 09.00 WIB dan hanya beroperasi pada hari tertentu juga, begitupun dengan pesawat.

Jika ingin pergi berlibur ke sana harus merencanakan semua ini dengan sangat matang, terutama datang sesuai jadwal yang ada. Semua itu harus dilakukan tentu dengan tujuan agar leluasa menikmati momen liburan dengan lebih tenang dan menyenangkan.

Penutup

Wisata alam yang eksotis Pulau Bawean di Gresik memang wajib dikunjungi. Berlibur menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia memang harus dilakukan. Untuk membuat pengalaman dan merasakan panorama yang indah.


Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat