Tidak Hanya Pesona Keindahan Alam Di Malang Desa Sukolilo, Melainkan Terdapat Wisata Edukasi

Kota Malang selalu membuat tenang, karena pesona keindahan alamnya yang tidak ada habisnya. Wilayah Malang memang sangat luas sekali, terdiri dari kota Malang, kota batu dan kabupaten Malang.

Kota Malang ini memang dikelilingi oleh datarang tinggi, gunung, perbukitan bahkan laut sebagai tempat wisata alam. Malang memang sangat dikenal sebagai kota wisata, sehingga hampir setiap waktunya selalu dipenuhi oleh para pengunjung entah dari turis lokal ataupun mancanegara.

Kondisi wilayah Malang

Wilayah Kabupaten Malang memiliki luas, sekitar 2977 kilometer persegi dan terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi menjadi sejumlah desa dan beberapa kelurahan. Karena Malang ini terletak di provinsi jawa timur yang masih kental dengan sejarah kerajaan yang bercorak hindu.

Seperti pada Kerajaan Singasari dan Mataram yang pernah jaya pada zamannya, hingga mengalami keruntuhan beberapa abad yang lalu. Sehingga membuat keragaman budaya yang ada di wilayah Malang khususnya berada di Desa Sukolilo Kecamatan Jabung.

Jadi adanya berbagai macam kebudayaan yang berbeda, membuat keunikan tersendiri. Sehingga pada waktu itu memang masyarakat belum banyak mengenal tentang literasi. Membuat masyarakat kurang dalam minat membaca buku.

Penghargaan Berseri Astra

Ada sebuah program yang diadakan oleh astra yang dinamakan dengan KBA Kampung Berseri Astra. Dimana program ini untuk sarana pengembangan masyarakat berbasiskan komunitas yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan, seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Nah, di dalam satu lingkungan kampung memiliki sebuah visi program ini dengan mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Seperti yang digagas oleh Fachrul Alamsyah yang kerap dipanggil Irul dengan teman-temannya yaitu memiliki sebuah gubuk baca yang sudah didirikan sejak tahun 2014 akhirnya bisa berkembang hingga sekarang.

Adanya gagasan tersebut agar bisa menjadi inspirasi masyarakat luas, maka dari itu layak dianugerahi sebagai salah satu penerima penghargaan Kampung Berseri Astra (KBA). Makanya di Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur berhak mendapatkan nominasi ajang bergengsi di setiap tahunnya.

Irul memiliki impian membangun minat baca yang terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Membuat berbagai macam kegiatan positif bisa terwujud dari adanya gubuk baca agar bisa menjadi objek wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi sehingga tidak hanya wisata alam yang dikenal.

Melainkan terdapat wisata yang membantu masyarakat untuk lebih mencintai literasi. Dengan adanya sedikit ilmu yang dipelajari bisa dibagikan untuk bisa memberikan manfaat bagi yang lalin.

Budaya Topeng Malangan

Tidak hanya gubuk baca yang menjadi wisata edukasi, melainkan terdapat Seni tari topeng yang berasal dari Malang, beserta pembuatan digagas oleh Muhammad Sugeng alias Lihonk yang dahulunya sebagai seniman tato.

Belajar dari Mbah Parjo, dalam mengembangkan bakat senimannya dari membuat topeng hingga menarikan tari topeng Malangan. menjadi pengrajin topeng berbagai karakter ukiran. Terdapat ukiran topeng Jabung, Tumpang, dan Pakisaji.

Karena dahulu masih banyak pemuda yang membuat keributan dengan sering bermabuk-mabuk an. Akhirnya adanya gubuk baca dan topeng malangan ini telah berhasil menjembatani banyak orang untuk bangkit bersama masyarakat secara luas.

Tidak hanya pesona keindahan alam di malang desa sukolilo, melainkan terdapat wisata edukasi. Begitu lengkap keindahan wisata yang ada di malang ini. Sehingga generasi mudah kedepannya bisa lebih baik lagi.

Inilah negara kita Indonesia dengan berbagai keindahan dan banyak ide cemerlang untuk dijadikan sebagai inspiratif yang lainnya. Selamat berkarya untuk anak bangsa, jayalah kita tidak hanya di negeri sendiri.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat