6 Motivasi Mengikuti Blogspedia Challenge

Ketika membuka social media untuk cek postingan job, aku langsung melihat tantangan one day one post dari blogspedia selama 15 hari.



Alhamdulillah. Akhirnya aku bisa mengikuti challenge ini seperti tahun lalu sebelum memiliki seorang anak. Langsung bergegas meluangkan waktu untuk mengisi form pendaftaran.

Sambil terus menyakinkan diri sendiri apakah mampu dalam 15 hari kedepan dengan si kecil yang sangat aktif tetap bisa produktif menulis? Aku tetap memberanikan diri untuk mengikuti challenge blogspedia 15 hari.

Tahun lalu aku menggunakan blog istiqomahsweet untuk mengikuti blogspedia Challenge sebelumnya. Namun kali ini aku mencoba mengikuti dengan blog yang baru sebagai muslimah traveler.

Akhirnya aku berusaha untuk menggapai impianku menjadi seorang muslimah traveler yang saat ini sudah memiliki anak. Lalu, bagaimana motivasi, kesan dan pesan setelah mengikuti Blogspedia challenge ini? Yuk, simak ulasannya 6 motivasi mengikuti Blogspedia challenge berikut ya.

Motivasi Mengikuti Blogspedia Coaching

Setelah mengikuti serangkaian proses aku merasakan sekali banyak manfaat yang didapatkan. Tidak hanya seputar belajar ngeblog saja, tapi juga pembelajaran bagi kehidupan bagaimana tetap bisa bekerja ketika sudah memiliki seorang anak yang masih balita.

Blog aku saat ini sebagaian dari proses yang harus bisa dilalui untuk bisa meraih impian bisa menulis traveling keliling melintasi wisata disetiap daerah kalau bisa disetiap negara nantinya. Di amiinkan saja hehehhe.
Lalu apa motivasi terbesarku mengikuti Blogspedia challenge kali ini,

Ingin mengenali diri sendiri sebagai travel blogger

Ada hal-hal yang sebelumnya tidak saya ketahui ketika aku ingin menulis khusus traveling. Seperti kemampuan menulis yang sebelumnya hanya sebatas di whatsapp status atau IG story.

Tapi, dengan mengikuti challenge Blogspedia Coaching, aku bisa menulis lebih dari 800 kata dalam waktu yang relatif singkat dibanding sebelumnya. Mungkin, pengalaman menulis panjang ketika skripsi dan jurnal ilmiah waktu itu.

Belajar untuk tetap fokus dan bersabar

Berproses memang butuh fokus dan kesabaran ekstra. Setidaknya seperti itulah yang aku rasakan selama challengs ni. Kadang ada distraksi yang membuat saya hampir goyah, atau merasa sudah mengetahui satu hal, jadi ingin tetap fokus ke anak.


Contoh sederhana yang saya alami, ketika berhasil membuat blog dan menulis beberapa artikel, rasanya gatal sekali ingin segera lepas menulis saja. Padahal belum waktunya challenge ini berakhir, tentang mengurus anak yang menangis karena ingin makan, harus ganti Pampers dan ingin diperhatikan. Menulis kali ini tantangannya wow juga setelah memiliki anak.

Mencoba untuk terus produktif

Dengan mengikuti blogspedia challenge, aku jadi tetap punya wadah dan gambaran agar bisa tetap produktif. Seperti selama proses ini yang berhasil memaksaku membuat artikel tiap 15 hari dengan konsisten, dengan berbagai tema aku menemukan pola yang tepat untuk lebih produktif ke depannya.

Dari yang semula terpaksa demi bisa bertahan menyelesaikan tantangan, lama-lama terbiasa dan kini nyaman dengan pola tersebut. Sehingga saya putuskan nanti mencoba untuk bisa menulis artikel dalam sepekan.

Mengasah Skill Menulis Sesuai dengan Niche Traveling

Aku terus merasa haus akan ilmu mencoba untuk tetap belajar meski sudah memiliki blog satunya sekalipun. Tapi aku ingin mengasah skill menulis traveling.


Dari situlah, selama challenge ini aku menemukan banyak hal yang harus dipelajari dari setiap tema yang sudah ada. Sehingga aku juga belajar dari teman-teman lainnya yang luar biasa hebatnya dalam menjaga semangat belajar selama menulis di Blogspedia challenge ini. 

Menambah wawasan

Selain dari materi yang memang sangat berguna untuk blogger pemula, berkunjung ke tulisan yang teman-teman buat juga menambah banyak wawasan.

Banyak hal baru yang aku pelajari, atau bahkan sebelumnya belum pernah tau sama sekali menjadi semakin penasaran ingin mendalaminya dari membaca. Tema disetiap harinya membuatku lebih banyak tahu tentang dunia luar. Memang benar dengan membaca kita akan mengetahui seluruh isi dunia.

Memperluas Relasi 

Selain menambah pertemanan antar peserta dengan khas mereka menulis. Karena memang salah satu yang perlu dilakukan agar bisa konsisten ngeblog adalah dengan memperluas relasi.

Dari adanya relasi kita bisa tahu tentang banyak hal, siapa tahu impian dan rejeki menjadi seorang muslimah traveler bisa terwujud. Iya, semoga apa yang diimpikan yang lainnya bisa konsisten dan segera terwujud.

Kesan dan Pesan

Kesan

Kesan mengikuti blogspedia challenge ini Masya Allah. Bersyukur banget, masih ada peluang mengikuti blogspedia challenge di tahun ini.

Karena aku jadi mengerti tentang banyak hal baru yang sebelumnya belum aku kenali. Dari setiap temanya sangat cocok buat aku untuk mengolah tulisan, bagaimana bisa menjadi sesuai dengan niche blog traveling.

Apalagi Founder Blogspedia Kak Marita ini salah satu blogger panutanku yang sudah memberikan wadah challenge menulis blog untuk semua kalangan terutama untuk blogger pemula.

Semoga aku masih bisa terus ikutan challenge menulis yang lainnya, terutama di Blogspedia challenge selanjutnya.

Pesan 

Pesan yang ingin saya sampaikan semoga Blogspedia ini adalah :

1. Tetap bisa melahirkan para blogger hebat yang profesional.

2. Bisa membuat grup khusus dengan peserta Blogspedia challenge, agar lebih saling mengenal satu sama lain.

3. Adanya grup peserta, agar bisa saling berkunjung ke blog dan saling memberikan komentar. Meskipun selanjutnya apakah masih berlanjut menulis atau tidak. 

4. Membuat pemenang blogger khusus di setiap harinya sebagai pemenang yang terbaik di antara para peserta. Ataupun bisa membuat merchandise khusus dengan logo Blogspedia untuk penulis terbaik.

5. Bekerja sama dengan brand untuk bisa mengadakan Blogspedia challenge berikutnya, agar para peserta lebih termotivasi sehingga adanya kerja sama brand lebih dikenal secara luas dan mendapatkan peluang hobby yang dibayar oleh para peserta Blogspedia challenge selanjutnya.

Penutup

Alhamdulillah. Adanya tantangan Blogspedia ini, memberikan banyak manfaat dan banyak belajar tentang sebuah perjalanan menulis blogger. Meskipun singkat hanya 15 haru, ternyata tidak erasa berat dan lumayan menyita waktu untuk blogger yang baru memiliki anak dengan segala kerempongan.

Alhamdulillah, akhirnya aku telah berhasil menuntaskan tantangan one day one post Blogspedia selama 15 hari. Semoga dengan tantangan ini, aku bisa mulai membangun kebiasaan menulis di blog dengan lebih baik lagi sesuai dengan impianku menjadi seorang muslimah traveler. Amiin ya Allah.


Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat