3 Cara Blogger Mendukung Sustainability, Dengan Kegiatan Positif

Konsep keberlanjutan kehidupan selanjutnya ini terdapat tiga faktor, yaitu faktor ekonomi, faktor lingkungan, dan faktor sosial. Sehingga adanya konsep hidup sustainability saat ini harus terus di gencar dipublikasikan untuk mendukung perubahan pola hidup dan pola pikir kita mengenai kehidupan.



Lalu sebagai seorang penulis bagaimana tentang cara blogger mendukung sustainability itu sendiri. Nah, jika ingin tahu selengkapnya apa itu suistainbility langsung baca secara lengkap ya.

Pengertian Suistainbility

Sustainability merupakan  keberlanjutan. Kata ini berasal dari kata 'sustain' yang berarti 'berlanjut' sedangkan 'ability' yang artinya 'kemampuan'. Sustainability dapat diartikan sebagai sebuah sistem biologis yang tetap mampu menghidupi keanekaragaman hayati dan produktivitas tanpa batas.

Keberlanjutan hidup tidak hanya dengan diri sendiri melainkan dengan orang lain dan makhluk Allah lainnya seperti hewan dam tanaman.

Mengenai suistainbility memang belum banyak masyarakat yang sadar dengan hal ini. Urusan diri sendiri yang lebih diutamakan dibandingkan dengan lingkungan sekitar. Tidak sedikit yang mengaku perduli, kenyataan masih banyak yang membuang sampah sembarangan, bahkan mencemari lingkungan dengan hal-hal yang kurang seperti merokok, dll.

Cara Blogger Mendukung Sustainability

Berfikir dan Bertindak Positif 

Sebagai seorang Ibu yang bekerja darimana saja dan bisa mendedikasikan dirinya dirumah dengan menggunakan kemampuan menulis untuk menuangkan pikiran.

Dengan memulai berfikir positif seperti membuat status di WhatsApp dan social media lainnya untuk memotivasi diri sendiri ataupun orang lain

Tindakan yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, bertindak positif memilih inovasi teknologi yang tepat dalam hidup sehari-hari akan berdampak untuk terus mendorong kita ke arah yang sesuai.

Karena dengan mengambil sikap nyata karena sekarang adalah saat yang terbaik untuk perubahan baik bagi bumi. Sekarang adalah waktunya untuk melestarikan dan melindungi kesehatan, keluarga, lingkungan, bersama-sama kita berinvestasi pada planet kita.

Sebuah kerjasama yang luas dimana semua orang memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan masa depan hijau yang lebih baik.  Mungkin seseorang yang suka traveling tetapi tidak memiliki blog, bahkan tidak berpikir untuk menuliskan kisah perjalanan ke dalam sebuah blog. Atau belum memiliki cukup uang untuk melanjutkan hobi traveling lagi.

Inilah dasar untuk terus membuatnya sustainable. Lihatlah blog sebagai kekuatan untuk membuat hobi menjadi keuntungan tersendiri yang nantinya bisa terus mendukung aktivitas traveling tersebut.

Melakukan Hobby yang Positif 

Salah satu keistimewaan bepergian, dan menjadi turis memanjakan diri dalam segala hal. Namun dengan cara bepergian seperti ini akan membuat planet kita lebih mahal. Jika ingin menjadi turis yang cerdas, yaitu bisa mulai dengan menghemat energi dan listrik.

Karena itu, salah satu dari atas terbaik perjalanan pariwisata suistainbility adalah selalu menyalakan lampu, AC, dan TV mati, ketika meninggalkan ruangan.

Membawa tas kecil untuk membuang sampah adalah contoh menakjubkan lainnya dari perjalanan ramah lingkungan. Sebagai contoh, bisa menggunakan tas ramah lingkungan untuk mengumpulkan sampah yang ditinggalkan pelancong lain. Sehingga akan berkontribusi untuk menjaga keajaiban alam.

Belanja produk lokal dan buatan tangan adalah contoh luar biasa dari pariwisata berkelanjutan. Alih-alih berkontribusi pada kerusakan yang ditimbulkan dalam proses impor barang, berkontribusi pada komunitas lokal.

Berbelanja kerajinan dan barang-barang lokal merupakan kontribusi sosial dan ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat setempat. Lagipula, investasi budaya adalah bagian besar dari pariwisata berkelanjutan. Inilah, yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur

1. Bawa barang seperlunya

Sebelum pergi, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu adalah packing. Bawa barang-barang yang kamu butuhkan seperlunya.

Semakin banyak beban yang diangkut oleh moda transportasi, semakin banyak pula bahan bakar yang mereka gunakan, dan semakin banyak gas dipancarkan ke atmosfer.

2. Bawa botol minum sendiri dan tas belanja reusable

Bawa botol minum sendiri penting lho, sobat tiket. Di luar negeri, botol minum kamu bisa kamu isi di tap water sekitar jadi hemat bujet juga deh!

Selain itu, kamu juga mengurangi pemakaian plastik. Sama halnya dengan tas belanja reusable, jadi kamu tidak perlu menggunakan kantong plastik saat berbelanja.

3. Matikan lampu dan pastikan tidak ada alat elektronik yang terpasang

Jika semua orang di rumah pergi berlibur bersama, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mematikan lampu dan elektronik yang terpasang.

Selain untuk menghemat tagihan listrik, ini juga sangat membantu untuk menghemat penggunaan energi!

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk pergi liburan! Kamu tetap bisa menjaga lingkungan di manapun kamu berada. Pergi green traveling ke destinasi-destinasi terbaik di Indonesia? Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dimanapun berada.

Beribadah dan Berdoa

Mungkin banyak orang mengeluh karena doanya tak segera dikabulkan oleh Allah. Padahal Allah Maha Tahu doa apa yang paling dibutuhkan oleh hamba-hamba-Nya. Meskipun tidak atau belum dikabulkan, Allah SWT tetap menjanjikan pahala kepada orang-orang yang berdoa.

Begitu besar manfaat dan keutamaan berdoa, sehingga setiap umat beragama pun melakukannya, termasuk umat Islam. Sebab berdoa akan memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hidup. Hati kita semakin yakin bahwa ada Tuhan yang menjadi tempat terbaik untuk bersandar dan berserah diri. Supaya hidup lebih tenang dan damai,

Penutup

Itulah 3 Cara Blogger Mendukung Sustainability, semoga bisa membawa pencerahan. Sehingga tidak saling menjatuhkan satu sama lain, bisa saling menghargai maka akan membuat ketenangan dalam hidup. Terutama buat para blogger traveler yang ingin menikmati hidupnya dengan berpetualang.

sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan sebagai travel blogger. Intinya, apapun hobi yang sudah dilakukan, tidak ada salahnya mengkombinasikannya dengan aktivitas suistainbility.

Khusus yang suka traveling, itulah berbagai hal yang bisa membantu untuk mengkombinasikan hobi traveling dengan blogging yang pada akhirnya akan menguntungkan. Semoga tulisan ini berguna bagi yang ingin atau sedang merintis karir sebagai travel blogger.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat