Kuliah atau Kerja?

        assalamu'alaikum sahabat blogger kali ini kami masih bingung nih? setelah lulus besok mau kemana? ya meskipun kami masih kelas XI mulai dari sekarang kita juga harus mempunyai angan-angan dan tujuan untuk mencapai masa depan.
      











Setelah lulus dari pendidikan SMK atau sederajat banyak sekali pertanyaan yang timbul dari kepala para siswa. “Kuliah atau Kerja???” ya, pertanyaan itu adalah pertanyaan yang paling sering muncul, karena memang jalan hidup selanjutnya ditentukan oleh jawaban dari pertanyaan tersebut. Banyak orang berpendapat bahwa jika kita kuliah nantinya akan memudahkan kita mendapatkan pekerjaan. Tapi tidak sedikit orang juga mengatakan tanpa kuliah pun kita akan tetap mendapat pekerjaan, yang ada hanyalah jika mereka kuliah malah membuang-buang biaya dan belum tentu mendapatkan pekerjaan.

“Apakah kuliah dapat memudahkan kita mendapatkan pekerjaan??” Bisa dijawab dengan ya, dan tidak juga. mengapa saya mengatakan ya? Kuliah adalah sebuah kegiatan dimana kita menuntut ilmu yang tingkatannya lebih tinggi daripada SMK atau sederajat. Secara otomatis, kita dapat menambah pengetahuan tentang hal-hal yang belum kita dapatkan di pendidikan SMK atau sederajat. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawainya dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Jadi peluang untuk bekerja memang lebih besar.
“Kalau kuliah dulu kan pasti langsung dapat kerja??”  owh jangan salah sangka dulu, semua itu belum dapat dikatakan pasti, karena itulah saya juga mengatakan tidak, lulusan universitas atau institusi pendidikan setelah SMK belum tentu dapat bekerja. Banyak sekali sarjana-sarjana yang bekerja bukan pada tempat seharusnya, mereka kadang bekerja dimana ijazah sarjana tidak terpakai, bahkan ada sarjana-sarjana yang tidak mendapat pekerjaan. Karena memang saat ini banyak perusahaan yang selain mencari lulusan perguruan tinggi juga pengalaman bekerja. Pengalaman bekerja itulah yang biasanya belum didapatkan oleh lulusan perguruan tinggi.

“Bagaimana jika langsung bekerja?” tidak ada salahnya jika lulus dari pendidikan SMK atau sederajat, kita langsung bekerja. Banyak yang beranggapan kuliah itu tidaklah penting, yang penting bagaimana cara kita agar mendapatkan pekerjaan.  Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang mencari Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda. Jadi banyak kesempatan untuk bekerja. Banyak orang sukses diluar sana yang hanya lulusan SMK atau sederajat, karena dari bekerja itulah pengalaman kita menjadi banyak untuk kita pelajari. Tapi biasanya, jika kita bekerja dengan mengandalkan ijazah SMK kita tidak akan mendapatkan posisi yang tinggi dalam sebuah perusahaan karena memang untuk posisi atas biasanya pihak perusahaan mencari pegawai-pegawai yang tingkat pendidikannya lebih tinggi. Yang buruk adalah jika kita hanya menjadi buruh  yang bayarannya benar-benar minim.

“kalau kerja sambil kuliah bisa ga??” nah, jelas untuk pertanyaan ini kita akan menjawab “bisa”. Banyak institusi-institusi yang menyediakan kuliah untuk pegawai-pegawai. Atau pekerjaan-pekerjaan part time atau paruh waktu untuk mahasiswa-mahasiswa yang ingin bekerja. Jadi sambil kita bekerja untuk mendapat pengalaman juga mendapatkan ilmu lebih dari kuliah. Memang sulit untuk dilakukan, tapi dengan niat yang besar kita dapat menyelesaikan kuliah tanpa mengganggu pekerjaan, dan secara otomatis kita akan mendapatkan setidaknya pendidikan dan ijazah yang lebih tinggi dari sekedar pendidikan dan ijazah SMK.
Apapun yang menjadi pilihan hidup kita, akan membuat suatu jalan kedepan. jadi pilihlah dengan sebaik-baiknya jika memang tidak ingin rugi. Jika ingin kuliah, carilah program studi yang memang memiliki kesempatan kerja tinggi dan cocok dengan diri kita. Dan jika kita ingin bekerja, usahakanlah agar kerjaan yang dipilih dapat membuat kita memiliki banyak pengalaman dan terus membuat kita berkembang.

so kami memilih untuk bekerja dahulu sahabat blogger kemudian kami meneruskan untuk kuliah supaya tidak membebankan orang tua, karena ada hadist yang mengatakan:


أُطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصّيْنِ {رَوَاهُ عَبْدُالْبَر
       Artinya ,
             “Carilah ilmu itu walau di negeri Cina”.(HR. Abdul Bar)

sekian dari kami sahabat blogger. mohon maaf jika ada salah kata.
Terimakasih,  semoga bermanfaat.

Mungkin Kamu Suka

0 Komentar

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bermanfaat